Home > Photoshop > Desain Kartu Natal Untuk Di Cetak

Desain Kartu Natal Untuk Di Cetak

December 2nd, 2012

Desain Kartu Natal Untuk Di Cetak – Lama gak posting gara-gara bandwith habis, akhir kerinduan ini tersalurkan. OK! lasung saja, berhubung ini bulan Desenber dan bulan ini identik dengan peringatan natal, jadi postingan ini berkaitan dengan hal-hal yang berbau natal, seperti kartu natal.

Pada tutorial ini kita akan membuat desain kartu natal untuk dicetak. Priview kartu natal kita nanti seperti yang terlihat di bawah ini. Sebenarnya postingan ini saya buat agar saya gak terlalu sering beli kartu natal.

 

Desain Kartu Natal Untuk Di Cetak

 

Program : Photoshop CS3
Tingkat Kesulitan: Mudah
Waktu Pengerjaan : 45 menit


Desain Kartu Natal Untuk Di Cetak

 

1. Buat dokumen baru dengan ukuran 28cm x 20cm, Color Mode: CMYK

 

2. Klik Layer-New Fill Layer-Gradient. Gunakan warna coklat dengan komposisi C:54 M:77 Y: 69 K: 79 dan merah C:47 M:100 Y: 94 K: 1

 

3. buat layer baru, set foreground color menjadi black to white. Klik Filter-Render- Cloud. Blending mode: overlay.

 

4. Klik Filter-Blur-Montion blur. Atur level seperti pada contoh. Selnjutnya atur level image dengan cara tekan Ctrl+L atau Klik Image-Adjustment-Level. Atur komposisi seperti yang dicontohkan.

 

5. Buat group baru, dengan menggunakan pen tool buat kurva dengan komposisi warna C: 1 M: 37 Y: 16 K: 0. Pada layer ini tambahkan layer mask. Pada layer mask tambahkan gradien black to white, dan ubah Opacity menjadi 50%. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai Anda mendapatkan efek tirai. Duplikasi group dan klik Edit-Transform-Horisontal.

 

6. Saatnya kita meberi hiasan khas natal pada desain kartu kita. Buat group baru, buat lingkaran menggunakan Elips Tool (U). Klik Add Layer Style icon pada layer panel dan pilih Gradient Overlay. Atur posisi warna seperti yang ditunjukan. Jika Gradient sudah selesai saatnya kita tambahkan Drop Shadow (lihat gambar).

cara desain kartun

 

7. Sekaramg kita beri highligt pada bola natal, buat lingkaran menggunakan Elips Tool dengan warna putih. Tambahkan layer mask, dan pilih Soft Round Brush dengan warna hitam (set Opacity menjadi 60%). Gunakan brush ini untuk menyembunyikan bagian bawah highlight (lihat gambar). Selanjutnya buat layer baru, dengan menggunakan brush yang sama dengan warna putih (set Opacity menjadi 20%) untuk membuat detail highlight sehingga terlihat seperti contoh.

 

8. OK, bola lambu natal sudah jadi, saatnya kita tambahkan elemen lampu. Buat sebuah persegi menggunakan Rectangle Tool (U). Pastikan layer ini terletak di bawah layer bola lampu.

9. Kita dekorasi lampu natal kita supaya kelihatan lebih menarik. Gunakan Rectangle Tool (U) untuk membuat kotak baru. Klik Subtract from shape area (-) dan buat 4 buah oval di bagian bawah kotak (lihat contoh).

 

10. Gandakan group lampu, dan buat lebih kecil.

 

11. Buat group baru dibawah group lampu, dengan menggunakan pen tool kita akan membuat tali lampu natal. Buat layer baru, klik path pada layer panel. Klik kanan pada path dan pilih Fill Path, pastikan foreground berwarna C: 14 M: 38 Y: 80 dan K: 1. Pilih Stroke path isi dengan warna C:6 M:17 Y: 73 dan K: 0, setting brush dengan ukuran 4px dan Spacing 100%.

 

12. Sekali lagi buat group baru di bawah group lampu natal, gunakan Elips Tool untuk membuat lingkaran, maksut saya kita beri sedikit efek bokeh pada kartu natal kita. Buat bentuk oval sebanyak Anda mau, kurangi Fill menjadi 10%

13. Gunakan star brush dan buat beberapa bintang (lihat contoh). Atur Blending mode seperti dibawah ini.

14. Untuk tahap akhir kita tambahkan tulisan. Saya menggunakan font Edwardian Script ITC dengan warna C: 4, M: 25, Y: 62, K: 0. Atur Blending Mode seperti pada contoh.

Hasil Final

Desain Kartu Natal Untuk Di Cetak

Untuk ukuran sebenarnya lihat disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Photoshop , ,


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.