Home > Microsoft Office > Desain Template Dengan Microsoft Publisher

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

September 3rd, 2012

Desain Template Dengan Microsoft Publisher – Ya, begitulah tema tutorial bulan Sebtember ini yaitu Belajar Desain Template Dengan Microsoft Publisher. Rasanya lama saya tidak posting tentang desain template, dan tema ini merupakan tema pertama yang saya angkat dalam tutorial desain template menggunakan MS Publisher pada blog ini.

Desain Template Dengan Microsoft Publisher


Cara desain template dengan Microsoft Publisher sebenarnya tidak rumit, soalnya kita telah disediakan banyak pilihan template. Dalam tutorial ini saya menggunakan Microsoft Publisher 2007. Dibawah ini adalah cara desain template menggunakan MS Publisher 2007 :

1. Jalankan Microsoft Publisher, jika Anda menggunakan MS Publisher 2007 Anda akan mendapati halaman seperti ini

 

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

2. Pilih Web Site dan Anda akan mendapati halaman seperti dibawah ini

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

 

3. Pilih desain template yang Anda suka. Pada tutorial ini saya menggunakan template Tabs
4. Klik Create, sehingga Anda akan mendapati tampilan seperti dibawah  ini. Centang page yang menurut Anda perlu untuk blog atau website Anda nantinya. Klik OK.

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

 

Sekarang Anda memiliki desain halaman depan (Home) website sesuai dengan template yang Anda pilih. Selanjutnya kita edit desain atau tampilan halaman web sesuai yang kita inginkan, seperti jenis font, lebar side bar atau warna. Berikut adalah cara edit desain template pada MS Publisher 2007 :

Edit Halaman Web Pada Microsoft Publisher

Halaman muka website Anda adalah halaman yang pertama dilihat oleh visitor. Disini saya merubah tampilan default BUSINESS NAME dengan nama blog saya yaitu dengan cara menghapus tulisan tersebut. OK! sekarang kita telah memiliki header untuk halaman depan.

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

Sekarang saya akan mengganti logo default dengan logo web/blog saya. Klik logo icon untuk menampilkan menu seperti di bawah ini

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

 

Periksa apakah halaman yang lain sudah sama format font, posisi headernya, rasanya aneh jika header setiap halaman berubah. Jika header template Anda berbeda, ulangi hal yang sama untuk halaman web/blog yang lain, kita bisa melihat halaman web seperti About Us, Contact Us, dll dengan klik nomor yang ada di bagian bawah. Done, sekarang bagian header baik dari title blog dan logo sudah selesai.

 

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

Dan sekarang saya ingin mengganti background template saya. Untuk mengubah background template ada 2 cara :
1. Menggunakan pilihan warna default pada MS Publisher – Color Schemes
2. Menggunakan Fill Color

Saya memilih menggunakan Fill Color. Klik bagian yang ingin diubah atau diisi warna untuk mengaktifkan Fill Color. Klik icon Fill Color, pilih warna yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengisi warna dengan warna solid pilih More Fill Color, atau Anda ingin mengisi warna dengan Gradient, pilih Fill Effect.

Desain Template Dengan Microsoft Publisher

 

Saatnya mengatur tata letak, dengan Move Tool, klik bagian yang diubah ukurannya. Atur sesuai keinginan Anda. Setiap kita merubah tata letak, warna atau format tulisan biasakan cek halaman yang lain. Dan hasil akhir dari  desain template menggunakan Microsoft Publisher milik saya disini.

Hehehe…. hasil yang Anda lihat adalah print screen, karena terpublikasi secara diserver/komputer lokal. Semuanya sudah clear, saatnya menyimpan desain template kita. Cara menyimpan file template Microsoft Publisher, klik FilePublish On The Web.

Untuk melihat hasil desain template Anda, klik FileWeb Page Preview atau jika Anda sudah menyimpannya, buka File Anda. Pasti ukuran heightnya terlalu panjang, untuk mengubah ukuran halaman desain web Anda baca disini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Microsoft Office ,


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.