Home > Elektronika > Fenomena Ultrabook Di Indonesia

Fenomena Ultrabook Di Indonesia

December 24th, 2011

Fenomena Ultrabook Di Indonesia – Kehadiran ultrabook telah menggeser keberadaan komputer tablet dan notebook. Menjelang akhir tahun 2011 beberapa brand ternama seperti ACER, Toshiba dan Lenovo telah me-launching produk ultrabook. Sepertinya fenomena ultrabook akan melanda Indonesia dipenghujung tahun 2011 ini.

Menurut wikipedia, ultrabook adalah sebuah komputer dalam kategori tipis dan ringan ultraportable laptop , didefinisikan oleh spesifikasi dari Intel. Ultrabook perangkat komputasi yang bertenaga, ringan, dan tipis. Ultrabook sendiri sepertinya adalah jawaban dari kebutuhan perangkat komputasi mobile yang bertenaga.serta moderenisasi dari rancangan notebook masa depan dari Intel yang menyatukan keunggulan yang dimiliki notebook dan tablet.

Alasan kenapa banyak vendor mengeluarkan ultrabook, karena notebook masih bisa diajak untuk mobile, tetapi dengan berat lebih dari 2kg membuatnya terasa berat untuk di bawa kemana-mana. Hadirlah Netbook dengan berat yang lebih ringan menjadi solusi yaitu tablet, tetapi kinerjanya tidak seganas notebook. Karena alasan tersebut ultrabook ada, ringan, tipis, tetapi bertenaga.

Fenomena Ultrabook Di Indonesia

Setelah saya ber Googling ria, sampai saya tulis artikel ini, ultrabook yang sudah beredar di pasaran Indonesia ada 4 varian. Pertama adalah Aser Aspire S3, kedua ASUS Zenbook UX31, Toshiba Portege Z830 dan ketiga Lenovo IdeaPad U300s. Beriku ulasan singkat ketiga ultrabook tersebut :

Acer Aspire S3 Ultrabook™
Sasaran pasar Acer Aspire S3 Ultrabook™ adalah mereka-mereka yang membutuhkan komputasi dengan feature yang lebih lengkap dibandingkan dengan tablet ataupun netbook.

Spesifikasi Acer Aspire S3 Ultrabook™
Ultrabook Acer Aspire S3Acer Aspire S3 Ultrabook™ diperkuat oleh prosesor generasi kedua Intel® Core™ i5 – nyata terasa responsivitasnya dan tetap stylish. Dengan Intel® Turbo Boost Technology yang mengadopsi performa sesuai kebutuhan dan kemampuan visual mengagumkan, Acer Aspire S3 Ultrabook™ juga ultra tipis dan menyala ultra cepat.

Ultrabook ini memiliki layar 13.3 inchi dengan berat 1,37kg. Dan memiliki desain casing dari alumunium dan frame terbuat dari magnesium alloy, sehingga ketika dipegang ultrabook ini terasa kokoh. Harga Ultrabook Acer Aspire S3 ini dipatok 7 juta-an

ASUS Zenbook UX31
ASUS Zenbook UX31Kesan mewah akan langsung terlihat dari luar ketika melihat ultrabook ASUS Zenbook UX31. Body ASUS Zenbook UX31 yang terbuat dari bahan alumunium, sangat mirip dengan MacBook Air prosuksi Apple.

Spesifikasi ASUS Zenbook UX31
ASUS Zenbook UX31 ini bekerja dengan prosesor core i5-2557M 1,7GHz. ASUS Zebnook UX31 memiliki layar sebesar 13.3 inchi dengan resolusi 1600×900 px, dan berat 1,38 kg, sedikit lebih berat dari Acer Aspire S3 Ultrabook™. Dengan ketebalan 3 mm (diukur dari sisi tertipis)

Toshiba Portege Z830
Toshiba Portege Z830Toshiba Portege Z830 merupakan ultrabook perdana yang dimiliki Toshiba. Ultrabook Toshiba Portege Z830 hanya memerlukan waktu booting 2 detik dari posisi mati. Ultrabook ini menggunakan prosesor Intel Core ultra low voltage (ULV) generasi kedua, dan memiliki 1,12 kg lebih ringan dari pada ASUS Zenbook UX31 dan Acer Aspire S3 Ultrabook™.

Casing ultrabook Toshiba Portege Z830 terbuat bahan magnesium alloy agar ringan dan lebih kuat dan memiliki desain yang disebut Honeycomb Rib yang membuatnya lebih tahan goncangan dan tahan terhadap tumpahan air. Keybord didesain tahan tumpahan air ini memberikan waktu untuk mematikan laptop dan melindungi data yang tersimpan sebelum mematikannya.

Layar Portege Z830 berukuran 13,3 inci dengan LED backlit dan memiliki resolusi 1.366 x 768 piksel dan didukung prosesor Intel Core seri i5 atau i7 dan RAM (standar) sampai 6 GB. Untuk pasaran Indonesia Toshiba Portege Z830 di patok dengan harga 13 juta-an untuk core i5 dan 16 juta-an untuk core i7 (sebanding dengan harga sepeda motor baru)

Lenovo IdeaPad U300s
Lenovo IdeaPad U300s UltrabookUltabook milik Lenovo IdeaPad U300s sudah beredar di Indonesia bulan Desember tahun ini. Ultabook Lenovo IdeaPad U300s dengan berat 1.36 kg, menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi kedua dengan Intel Turbo Boost Technology 2.0 dan teknologi Enhanced Experience 2.0 RapidDrive SSD yang dapat melakukan boot up hanya dalam waktu 10 detik dan memiliki layar 13.3 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel.

Lenovo IdeaPad U300s tidak memiliki lubang ventilasi pada sisi bawah dan desain aliran udara yang inofatif membuat udara panas berhembus kebelakang sehingga tidak akan terasa panas jika dipangku (hampir sama dengan ultabook milik ACER). Batrei ultrabook ini mampu bertahan sampai 8 jam. Meskipun sudah dilengkapi dengan Bluetooth, WiFi 802.11 kecepatan tinggi, konektor USB 2.0 dan USB 3.0, sayangnya, ultabook milik Lenovo ini tidak dilengkapi dengan konektor LAN, port VGA, yang bisa diandalkan hanya port HDMI yang berfungsi untuk memindahkan isi layar Ultrabook ke TV LCD.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Elektronika , , , ,


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.