Home > Berita > Review Windows 8

Review Windows 8

July 19th, 2012

Review Windows 8 – Windows 8 versi PC (x86) dan RT (ARM) telah dipastikan rilis 4 bulan lagi, tepatnya tanggal 26 Oktober 2012, dan akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp.370.000. Hanya saja harga ini berlaku untuk upgrade bagi pemilik Windows asli versi terdahulu. Untuk saat ini Windows 8 tersedia dalam versi trial. Windows 8 tersedia dalam 109 bahasa. Perbedaan yang paling mencolok dari Windows 8 dengan Windows sebelumnya adalah tidak adanya tombol Start, hal ini membuat saya sedikit bingung karena terbiasa menggunakan Windows 7.

Review Windows 8

Review Windows 8

 

Preview Windows 8
Tmpilan antar muka Windows 8 layaknya HP Android, tampilan menu pilihan App muncul pada halaman muka dekstop secara thumbernail, saya pribadi merasa kurang nyaman dengan tampilan yang seperti ini. Tampilan antar muka yang baru ini mereka namai Metro App.

Tampilan Apps pada Windows 8 hanya akan berfungsi dan terasa manfaatnya jika PC Anda tersambung dengan internet. Tampilan Metro sendiri terdiri dari bingkai-bingkai (tile) berisi shortcut program dan tampilan informasi aktual. Jadi kesimpulan saya tampilan Metro pada halaman antar muka Windows 8 sesuai untuk perangkat berbasis touchscreen, meskipun bisa bekerja baik dengan mouse dan keyboard.

Apakah windows 8 tidak ada fasilitas shortcut? Oh tentu saja ada, Anda bisa membuat tampilan seperti pada Windows sebelumnya. Cukup dengan memilih icon Dekstop tampilan Apps Windows 8 akan berubah dalam bentuk shortcut.

 

Review Windows 8

Review Windows 8

 

Seperti yang jelaskan diatas bahwa Windows 8 tidak dilengkapi dengan tombol Start, jadi jika Anda terbiasa menggunakan Windows 7, awalnya Anda mungkin akan mengalami kesulitan yang sama seperti saya, yaitu kebingungan saat ingin melakukan Shutdown dan Restart pada Windows 8. Berikut Cara Shutdown dan Restart pada Windows 8 :
1. Pindah ke tampilan dekstop
2. Klik Setting
3. Klik icon power, disitu akan terlihat pilihan Shutdown dan Restart

Kecepatan
Kecepatan menentukan berapa lama waktu yang diperlukan, semakin cepat berarti semakin sedikit pula waktu yang diperlukan. Begitu juga dengan Windows 8, waktu Start Up yang diperlukan satu menit lebih cepat dari pada Windows 7, sedangkan saat Shutdown Windows 8 memerlukan waktu satu detik lebih lama. Saya melihat tidak ada perbaikan apapun untuk kecepatan waktu Shutdown. Uji kecepatan Windows 8 ini dilakukan dengan PC quad-core 3.4GHz dengan RAM 4GB.

System Requirements
Sistem yang diperlukan untuk menginstal Windows 8 sebenarny atidak jauh berbeda dengan Windows 7 :
1. Processor: 1 GHz
2. Ram: 2GB
3. Graphics: Direct x 9 compatible dengan dukungan WDDM
4. Harddisk: 20GB

Masalah
Masalah yang timbul pada Windows 8 sebenarnya bukan masalah yang besar, tetapi ini perlu saya cantumkan. Mengingat Windows 8 menggunakan tampilan metro, tentunya sangat mengganggu. Setidaknya untuk saat ini pengguna komputer yang kebanyakan menggunakan dekstop, saat start pertama harus dihadapkan pada tampilan antarmuka dengan gaya metro tersebut. Jadi saya harus flipping bolak-balik antara tampilan metro dan dekstop. Karena program dengan dua antarmuka yang memiliki tampilan dan cara kerja yang berbeda, berpindah di antaranya seperti menjalankan dua sistem operasi yang berbeda pada komputer yang sama. Antarmuka Metro sangat berbeda secara radikal. Dan antarmuka gaya metro tidak banyak membantu dalam mencari tahu langkah-langkah baru yang harus di ambil untuk menyelesaikan tugas-tugas lama.

Alasan suka dengan Windows 8
Otomatis sinkronisasi pengaturan dan aplikasi di beberapa komputer; cepat startup dan shutdown proses, memungkinkan koneksi yang mudah ke media sosial dan layanan Web dalam aplikasi.

Kelemahan
Antarmuka baru yang dijuluki Metro, secara radikal berbeda dalam penampilan dan digunakan dari desktop Windows, memaksa pengguna untuk mempelajari kembali bagaimana menggunakan PC mereka. Antarmuka gaya baru ini menyembunyikan banyak fungsi, sehingga sulit untuk tahu bagaimana melakukannya bahkan tugas-tugas biasa. Dengan kekurangan tersebut berarti pengguna sering harus flip bolak-balik antara Metro dan antarmuka desktop, tidak ada cara untuk mematikan antarmuka Metro.

Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Microsoft jelas ingin menyeret PC ke era baru, tetapi hasilnya adalah sebuah sistem operasi yang jauh lebih sulit untuk digunakan dari yang kuno.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berita ,


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.