Home > Elektronika > Simbol Komponen Elektronika Dan Fungsinya

Simbol Komponen Elektronika Dan Fungsinya

December 28th, 2011

Simbol Komponen Elektronika Dan Fungsinya – Berikut ini membahas tentang simbol komponen elektronika dan fungsinya agar semua orang tahu terlebih yang awam dengan elektronika dapat memahami dasar elektronika dan kegunaanya.

Komponen elektronika antara satu dengan yang lain memiliki simbol berbeda dengan tujuan untuk memudahkan perakitan. Begitu pula fungsi dari komponen elektronika juga berbeda, sehingga bagi pemula yang hobi dengan perakitan benda elektronik harus mengetahui simbol komponen elektronika dan fungsinya. Kalau salah memasang atau meletakkan, maka benda elektronik tidak akan berfungsi.

Simbol Komponen Elektronika Dan Fungsinya

Berikut simbol-simbol elektronika dan fungsinya :
1. DIODA
Dioda adalah komponen aktif yang memiliki dua saluran dan dua elektroda. Fungsi dari dioda sebagai penyearah tegangan listrik, pengaman tegangan listrik dan menahan arus dari arah sebaliknya. Dengan dioda arus listrik yang semula AC (arus bolak-balik) diubah menjadi DC (searah). Struktur dioda tidak lain adalah sambungan semikonduktor P dan N. Dioda sendiri memiliki beberapa jenis yaitu :

  • Dioda Zener
  • Dioda Bridge
  • Dioda Silikon

Simbol Dioda

2. Resistor
Resistor atau restan adalah komponen elektronik dua kutub yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Resistor berfungsi sebagai pembagi arus, penurun tegangan, pembagi tegangan, dan penghambat aliran arus listrik. Berdasarkan Nilainya resistor dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Resistor Tetap
  • Resistor Variabel
  • Resistor Non Linier

Simbol Resistor

3. Kondesator
Kondensator atau kapasitor adalah komponen elektronik yang mempunyai kemampuan dapat menyimpan muatan listrik. Kondesator bekerja dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator dituliskan dengan notasi C komponen ini memiliki satuan yang disebut Farad. Kondensator atau kapasitor dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah)
  • Kondensator elektrolit (Electrolit Condenser = Elco)
  • Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah)

Simbol Kapasitor

4. Sekring (Fuse)
Sekering atau alat pengaman dalam rangkaian elektronik berfungsi sebagai pemutus rangkaian karena adanya pemakaian arus yang berlebihan dalam suatu rangkaian yang disebabkan karena penambahan beban atau hubungan singkat. Sekring memiliki beberapa jenis seperti:

  • Sekring Kaca (Glass Fuse)
  • Sekring Keramik (Fuse Bla)
  • Sekring Suhu (Thermal Fuse)

Logo Sekring atau Fuse

5. IC (Integrated Circuit)
IC atau Integrated Circuit yang berarti rangkaian terpadu merupakan otak peralatan elektronika yang sudah terintegrasi dan dibuat dalam satu buah chip. IC adalah komponen dasar yang terdiri dari ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen seperti resistor, transistor dan lain-lain.

Simbol IC

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Elektronika ,


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.